Sistem Utang-Piutang Emas dengan Pemberian Imbalan Padi Sebelum Pelunasan Utang Perspektif Hukum Islam di Desa Teras Bendung Kecamatan Lebak Wangi

Sulkiah, Sulkiah (2022) Sistem Utang-Piutang Emas dengan Pemberian Imbalan Padi Sebelum Pelunasan Utang Perspektif Hukum Islam di Desa Teras Bendung Kecamatan Lebak Wangi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130109_COVER.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130109_LAMPIRAN DEPAN SKRIPISI.pdf

Download (431kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130109_BAB I.pdf

Download (456kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130109_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (188kB)
[img] Teks
S_HES_171130109_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (528kB)
[img] Teks
S_HES_171130109_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (421kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130109_BAB V.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130109_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, manusia akan selalu membutukan orang lain disekitarnya. Seperti tradisi utang piutang yang terjadi di Desa Teras Bendung Kecamatan Lebak Wangi, tradisi yang sudah lama berkembang dan menjadi budaya masyarakat desa Teras Bendung. Meminjamkan emas dengan jaminan padi per setiap panennya baik dari hasil sawah ataupun hasil darat, sebelum debitur mampu mengembalikan utang, maka kreditur akan menarik hasil panen tanpa mengurangi beban utang. Masalah dalam penelitian skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana peraktik utang-piutang emas dengan pemberian imbalan padi sebelum pelunasan utang? 2) Bagaima latar belakang terjadinya utang-piutang emas dengan pemberian imbalan padi? 3) Bagaimana perspektif hukum Islam tentang pemberian imbalan padi sebelum pelunasan utang? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui peraktik utang-piutang emas dengan pemberian imbalan padi sebelum pelunasan utang. 2) untuk mengetahui latar belakang terjadinya utang-piutang emas dengan pemberian imbalan padi. 3) untuk mengetahui perspektif hukum Islam tentang pemberian imbalan padi sebelum pelunasan utang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana peneliti meneliti langsung di lapangan untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan. Teknik pengumpulan datanya yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu analisis data kualitatif, diawali dengan menganalisa seluruh data yang di dapatkan, setelah ditelaah langkah selanjutnya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: peraktik utang piutang emas dengan pemberian imbalan padi sebelum pelunasan utang telah terjadi sejak lama, debbitur memberikan imbalan padi seberat 1 kuintal kepada kreditur, imbalan tersebut sebagai tanda terima kasih kepada kreditur karena telah memberikan jangka waktu pengembalian. Yang melatar belakangi terjadinya utang piutang ini yaitu karena mayoritas masyarakat Desa Teras Bendung adalah seorang petani sehingga utang tersebut digunakan untuk biaya penggarapan sawah atau kebutuhan lainnya. Sisitem utang-piutang emas dengan pemberian imbalan padi sebelum pelunasan utang perspektif hukum Islam di desa Teras Bendung Kecamatan Lebak Wangi haram dilaksanakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Utang Piutang
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.23 Perjanjian
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 04:13
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10091

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.