Implementasi Akad Syirkah pada Praktik Sosis Bakar (Studi Kasus Sosis Bakar Tyson di Desa Mangunreja Kec. Puloampel Kab. Serang)

Auliyah, Safana (2022) Implementasi Akad Syirkah pada Praktik Sosis Bakar (Studi Kasus Sosis Bakar Tyson di Desa Mangunreja Kec. Puloampel Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130069_COVER.pdf

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130069_LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (549kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130069_BAB I.pdf

Download (599kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HES_171130069_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (367kB)
[img] Teks
S_HES_171130069_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (713kB)
[img] Teks
S_HES_171130069_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (526kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130069_BAB V.pdf

Download (249kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HES_171130069_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perkembangan dalam dunia industri yang sangat beraneka ragam dengan konsep-konsep tertentu, salah satunya yaitu konsep waralaba yang dipakai oleh salah satu pengusaha dalam bidang pangan yaitu Sosis Bakar. Waralaba menurut Hukum Islam merupakan suatu sistem.pengalokasian, dimana mudhorib adalah sebagai pihak pertama yang memberikan suatu hak kepada shohibul mal sebagai pihak kedua, untuk mendistribusikan barang/jasa dengan menggunakan.merek, logo dan sistem.operasi yang dimiliki mudhorib dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. Dalam Fiqh Muamalah, perjanjian seperti ini termasuk akad syirkah yaitu kerja sama dalam suatu usaha yang melibatkan lebih dari dua orang, dengan laba.dan mudhorat ditanggung bersama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana penerapan perjanjian kerjasama yang dilakukan pada praktik Waralaba Sosis Bakar Tyson di Desa Mangunreja Kec. Puloampel Kab. Serang? 2. Bagaimana implementasi akad syirkah yang digunakan pada praktik waralaba Sosis Bakar Tyson di Desa Mangunreja Kec. Puloampel Kab. Serang? Penelitian yang diambil dari latar belakang tersebut memiliki tujuan antara lain: 1. Untuk mengetahui perjanjian kerjasama yang dilakukan pada praktik waralaba Sosis Bakar Tyson di Desa Mangunreja Kec. Puloampel Kab. Serang. 2. Untuk menganalisis bagaimana implementasi akad syirkah pada praktik waralaba Sosis Bakar Tyson di Desa Mangunreja Kec. Puloampel Kab. Serang. Dalam penelitian ini, penulis.menggunakan penelitian.kualitatif. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris yang dilakukan baik melalui wawancara, pengamatan (observasi) maupun dokumentasi dengan pihak yang bersangkutan yaitu mudhorib dan shohibul mal sebagai sumber pertama. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu: 1. Penerapan perjanjian yang dilakukan tidak selaras dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia dalam pasaal 5 No. 42 tahun 2007 tentang Waralaba, yaitu belum adanya bimbingan operasional, pelatihan dan pemasaran; jangka waktu perjanjian; penyelesaian sengketa; tata cara perpanjangan, pengakhiran dan pemutusan perjanjan. 2. Menurut hukum Islam penerapan akad syirkah yang digunakan pada konsep Waralaba Sosis Bakar Tyson ini belum sesuai. Karena adanya pembatalan akad syirkah oleh salah satu pihak tanpa persetujuan pihak yang lainnya. Sehingga timbulah berbagai persoalan hukum Islam yang tidak sesuai.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Waralaba, Syirkah, Sosis
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Nov 2022 07:58
Perubahan Terakhir: 11 Nov 2022 07:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.