Pola Asuh Ibu Single Parent dalam Menerapkan Kedisiplinan Ibadah Sholat Fardu (Studi Kasus di Komplek Puri Kartika Kec. Cipocok Jaya Kota Serang)

Rozi, Fahrul (2022) Pola Asuh Ibu Single Parent dalam Menerapkan Kedisiplinan Ibadah Sholat Fardu (Studi Kasus di Komplek Puri Kartika Kec. Cipocok Jaya Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210183_Cover.pdf

Download (139kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210183_Lampiran Depan.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (522kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210183_Bab I.pdf

Download (364kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210183_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_PAI_171210183_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (190kB)
[img] Teks
S_PAI_171210183_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (257kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210183_Bab V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210183_Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Asuh Ibu Single Parent Dalam Menerapkan Kedisiplinan Ibadah Sholat Fardu (Studi Kasus di Komplek Puri Kartika Kec. Cipocok Jaya Kota Serang). Penelitian ini dilatar belakangi Anak sebagai amanat dari Allah yang di titipkan kepada orang tua, Setiap orang tua berkewajiban menjaga dan membina anak-anaknya. Dengan pendidikan dan penanaman nilai-nilai akhlak serta penanaman nilai-nilai agama dan ibadah yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian di ambil dari 6 ibu single parent. Hasil penelitian menujukan bahwasannya ibu-ibu single parent ini dalam menjalankan kehidupan kesehariannya menjalankan peran ganda sebagai ibu dan ayah bagi anak-anak mereka. Menjalankan tugas sebagai ibu yang harus mengurus rumah, keperluan anak, serta memberikan kasih sayang begitu juga berperan sebagai ayah bagi anak-anak untuk memberikan perlindungan serta mencari nafkah memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Berbagai macam upayah yang dilakukan ibu single parent dalam menanamkan kedisiplinan ibadah salat pada anaknya dengan memberikan contoh secara langsung, menasehati, memberi teladan, menasehati dengan pelan agar anak mudah mengerti, perhatian dan pengawasan, dan hukuman. Memberikan pujian dan motivasi pada anak agar kiranya anak terbiasa dalam menjalankan ibadah salat dan juga mengatur atau membatasi waktu bermain anak ibadah anak agar anak dapat menyeimbangkannya. Upaya ini dilakukan agar anak terbiasa dalam menjalankan ibadah salat.Dalam menanamkan pola asuh pada anak ada dua jenis pola asuh yang diterapkan oleh para orang tua single parent yaitu pola asuh otoriter dan pola asuh demkratis. Dan pola asuh demokratis adalah pola asuh yang lebih dominan diterapkan oleh orang tua kepada anak. Dalam menanamkan pola asuh pada anak orang tua tak selamanya berhasil dalam memberikan arahan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Asuh, Ibu Single parent, Kedisiplinan Ibadah Sholat Fardu
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2022 04:26
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2022 04:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.