Penerapan Konseling Realitas dalam Mengatasi Kepercayaan Diri pada Anak Berkebutuhan Khusus di SKh Negeri 01 Pembina Pandeglang (Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang)

Shuffah, Indria (2022) Penerapan Konseling Realitas dalam Mengatasi Kepercayaan Diri pada Anak Berkebutuhan Khusus di SKh Negeri 01 Pembina Pandeglang (Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520145_Cover.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520145_Lampiran Depan.pdf

Download (675kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520145_Bab I.pdf

Download (130kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520145_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (217kB)
[img] Teks
S_BKI_181520145_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (136kB)
[img] Teks
S_BKI_181520145_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (250kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520145_Bab V.pdf

Download (34kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520145_Daftar Pustaka.pdf

Download (529kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kebutuhan berbeda dengan manusia pada umumnya, salah satu anak berkebutuhan khusus adalah tunanetra. Di Indonesia terdapat banyak anak-anak penyandang tunanetra yang perlu diperhatikan oleh unsur pemerintah dan masyarakat sekitar. Namun pada kenyataannya anak berkebutuhan khusus cenderung lebih dikucilkan, dihina, dianggap sebelah mata dan diejek secara terang-terangan. Hal-hal tersebut dapat merampas rasa percaya diri pada anak berkebutuhan khusus dan dapat menimbulkan perasaan tidak berharga karena kondisi fisik mereka yang berbeda dengan orang lain yang menimbulkan perasaan tidak aman dan tidak percaya diri. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus di SKh Negeri 01 Pembina Pandeglang? 2) Bagaimana penerapan konseling realitas dalam mengatasi kepercayaan diri pada anak berkebutuhan khusus di SKh Negeri 01 Pembina Pandeglang? 3) Bagaimana kepercayaan diri setelah melaksanakan konseling realita? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kepercayaan diri terhadap anak berkebutuhan khusus di SKh Negeri 01 Pembina Pandeglang. 2) Untuk mengetahui penerapan konseling realitas dalam mengatasi kepercayaan diri terhadap anak berkebutuhan khusus di SKh Negeri 01 Pembina Pandeglang. 3) Untuk mengetahui kepercayaan diri setelah melaksanakan konseling realita. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan tindakan konseling individu dengan pendekatan Konseling Realitas dengan teknik WDEP, sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah partisipan tiga orang klien yang terindikasi. Dalam proses penerapannya, peneliti melakukan konseling individual, penerapan konseling realitas dengan menggunakan tahapan WDEP, yaitu tahap want, doing, evaluation, planning. Dalam penelitian ini, penulis menemukan beberapa macam kondisi psikologis. Pertama, rendahnya kepercayaan diri yang timbul pada tiga klien seperti malu bertanya, tidak menerima dirinya, tidak bisa hidup mandiri, tidak berani tampil didepan umum. Kedua, penerapan konseling realitas menggunakan teknik WDEP kepada ketiga klien UN, AU, dan AD. Tahap pertama adalah membina hubungan baik dengan klien, tahap kedua mengeksplorasi kebutuhan dan keinginan klien. Tahap ketiga mengeksplorasi arah dan tindakan. Tahap keempat adalah evaluasi. Pertemuan setiap kliennya berbeda-beda, klien UN ada empat kali pertemuan, klien AU dan AD ada tiga kali pertemuan. Ketiga, hasil dari penerapan setelah konseling ini yaitu terlihat dan terbukti bahwa klien sudah tidak malu untuk bertanya, tidak bergantung pada orang lain, berani tampil didepan umum, dan menerima dirinya sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Realitas, Kepercayaan Diri, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Okt 2022 08:17
Perubahan Terakhir: 23 Apr 2024 07:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.